-->

Mengenal Jenis-jenis Kamera Fotografi

jenis  jenis kamera digital

YOGYAKARTA  (gasgasan.com) - Hidup di zaman modern rasanya sudah tidak bisa lepas dari yang namanya peralatan elektronik. Entah itu perkakas rumah tangga, alat transportasi, surat kabar, dan juga kamera. Semua berubah setelah negara api menyerang. heh! 

Sebelum kamu membeli sebuah kamera, alangkah baiknya jika kamu belajar dulu apa itu kamera?

Pengertian Kamera

Kamera adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengabadikan sebuah momen menjadi gambar atau foto (diam dan bergerak) yang merupakan proyeksi cahaya melalui sebuah lensa pada kamera.

Sejarah Kamera
kamera pertama obscura atau lubang jarum

Sama halnya dengan peralatan lainnya, kamera juga memiliki sejarah panjang. Kamera pertama ditemukan abad ke-10 oleh seorang cendikiawan muslim bernama Abu Ali Al Hasan Ibnu Al Haytham atau dikenal juga dengan nama Al Hazen.

Al Hazen juga orang pertama kali yang mempelajari cara kerja mata melihat.

Kamera pertama yang di buat oleh Al Hazen dikenal dengan nama kamera Obscura atau Kamera lubang jarum. sebuah benda yang menuncukan bahwa cahaya bisa digunakan untuk memproyeksikan gambar pada permukaan datar.

Hingga saat ini, kamera telah berkembang pesat seiring berkembangnya jaman. jadi, yuk cari tahu apa saja jenis jenis kamera digital yang saat ini digunakan oleh Fotografer.

baca juga : Multimedia Adalah

Jenis-jenis Kamera Digital

1. Kamera Saku/Compact Camera.
kamera saku digital
Kamera saku adalah pembaruan dari kamera analog, yang mudah digunkakan oleh siapa pun saat memotret, bahkan anak-anak juga bisa menggunakan kamera ini kamera fitur dan opsi pengaturannya sudah disetel secara otomatis. Kamera saku di desain untuk mudah dibawa kemana-mana sehingga dinamakan compact. nyalakan, bidik, dan jepet. Selesai!

2. Kamera Prosumer
kamera prosumer terbaik

Kamera prosumer mirip-mirim dengan kamera saku, hanya saja kamera prosumer memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan kamera saku. salahsatunya rentang zoom kamera prosumer bisa lebih jauh dan tajam. kamera prosumer juga sudah memiliki mode auto dan manual. Bisa dibilang kamera ini adalah gabungan DSLR dengan kamera saku.

baca juga : Dasar-Dasar Fotografi Pemula

3. Kamera DSLR
kamera dslr terbaik

DSLR adalah singkatan dari "Digital Single Lens Reflex" merupakan kamera yang paling mumpuni dalam segala bidang fotografi. Banyak sekali fitur yang ada dalam DSLR sehingga dapat hasilkan foto-foto yang menarik. Apalagi kamera DSLR bisa berganti ganti lensa dari 10mm hingga 1200mm. Kebayang kan hasilnya? lanjut boss..

4. Kamera Mirrorless
kamera mirrorless

Seperti namanya Mirrorless berarti tanpa cermin. Yup! Mirrorless adalah kamera yang tidak memakai sebuah cermin didalamnya sehingga bentuknya bisa lebih ringkas namun kualitas foto hampir setara dengan kamera DSLR. Bisa berganti ganti lensa namun tidak sebanyak DSLR.

5.Kamera Action
kamera action outdoor terbaik

Kamera action sering digunakan untuk mengabadikan momen-momen ekstrim para olahragawan, pembalap, dan lain-lain. Kamera action lebih sering merekam video daripada foto karena nampaknya memang sangat sulit ketika melakukan kegiatan ekstrim sambil memotret hehe.


Video yang dihasilkan kamera action saat ini bermacam-macam tergantung harga dan merk sebuah kamera. Ada harga ada barang kan boss.


6. Kamera HP
kamera hp terbaik adalah


  1. Jangan lupakan juga kamera yang ada di ponsel Anda. Jika smartphone Anda merupakan produksi lima tahun ke belakang, kualitas foto yang dihasilkan sudah cukup bagus.Belakangan, sejumlah produsen smartphone makin gencar mengeluarkan produk mereka yang diperkuat dengan kamera di atas 13 mp.
Saat Anda akan melakukan swafoto, smartphone menjadi pilihan paling ideal. Bentuknya yang ramping dan ringan akan sangat memudahkan kita dalam melakukan swafoto.
Bahkan dengan bantuan tongkat, swafoto pun bisa dilakukan dari berbagai sudut yang sebelumnya tidak tergapai oleh tangan.
Tak hanya itu, memotret menggunakan ponsel pun kini tengah menjadi tren. Terbukti dengan bermunculan komunitas fotografer ponsel di berbagai kota di Indonesia.
Itulah 6 kamera yang sering digunakan oleh para fotografer saat ini. gimana? tertarik mencoba jadifotografer?. 
Nantikan Info dan trik fotografi lainnya hanya Kelas Multimedia.

artikel ini juga tayang di situs tentang multimedia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Jenis-jenis Kamera Fotografi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel