-->

Film "The Santri" di Boikot, Netizen : Film Yang Dapat Merusak Aqidah dan Moral

Film "The Santri" di Boikot, Netizen : Film Yang Dapat Merusak Aqidah dan Moral


JAKARTA (gasgasan.com) - Film berjudul "The Santri" karya Livi zheng baru saja merilis Trailer film pada 9 september lalu langsung menuai kontroversi netizen di sosial media. Tagar #BoikotFilmTheSantri sempat menjadi trending topik di Twitter Indonesia.

The Santri rencananya akan diluncurkan pada bulan Oktober, bertepatan dengan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Film ini hasil kerjasama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dengan sutradara Livi Zheng.

Tagar pemboikoitan itu sendiri berawal dari Front Santri Indonesia atau FSI menyebarkan sebuah poster di instagram yang menyatakan bahwa mereka menolak film The Santri lantaran tidak mencerminkan akhlak dan tradisi santri yang sebenarnya (15/09/2019)

Kemudian disusul dengan pernyataan-pernyataan netizen tekait film The Santri. Salah satu akun instagram bernama "oposisi ideologis" mengungkapkan dalam postingannya bahwa dalam film tersebut terdapat empat adegan dan cerita yan kontroverisal dengan kehidupan santri di pesantren, yaitu :

1. Bahaya Aqidah.

Dalam Trailer Film the santri ada satu adegan dimana seorang Santriwati yang diperankan oleh Wirda Mansyur masuk ke dalam gereja dengan membawa tumpeng.

2. Bahaya Moral.

Dalam Trailer Film "the Santri" terdapat adegan Khalwat yaitu berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan. hal ini tentu adalah perbuatan yang merusak moral sekaligus merusak citra santri. Karena khalwat adalah termasuk perbuatan yang mendekati zina dan diharamkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

3. Ikhtilat Bukan Akhlak Santri.

Bukan hanya pameran dalam film "The Santri" saja yang memberikan citra buruk bagi santri, tetapi juga produser filmnya. Di bagian akhir trailer,  Said Aqil Siradj terlihat begitu dempet bahkan tidak ada jarak dengan Livi Zheng. Itu termasuk ke dalam Ikhtilat (campur baur yang bukan makhrom). yang tidak diperbolehkan dalam Islam.

4. Santri Kok Berkilat Ke Amerika.

Ada kejanggalan dalam film "The Santri", yaitu salam dialog "Pada hari santri ini, 6 yang terbaik diantara kalian akan terpilih untuk berangkat dan bekerja di Amerika Serikat,".

Tentu ini menjadi hal yang sangat aneh mengingat Amerika adalah salah satu negara yang memusuhi Islam. Bahkan Amerika lah yang pertama kali mempropagandakan Islam agama Teroris, dengan merekayasa tragedi 911. Sejak saat itulah muncul kata Terorisme dan radikalisme.

Kemudian ditutup dengan satu kesimpulan berbunyi,

"Film The Santri tidak layak untuk ditonton dan wajib di boikot. Karena sudah memberikan citra buruk bagi santri. Bahkan tidak hanya itu, dengan berbungkus image santri, pesantren dan Islam, justru film ini dapat merusak aqidah dan moral, bahkan disisipi pesan politik yang mendukung Amerika dalam mempropagandakan isu Terorisme dan radikalisme sebagai upaya mencegah kebangkitan Islam."

(gasgasan.com)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Film "The Santri" di Boikot, Netizen : Film Yang Dapat Merusak Aqidah dan Moral"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel